Jumat, 26 Juni 2020

Youtuber Skinny Indonesian24 Pamit: "YouTube Dulu Keren, Sekarang Cuma Bisnis"

Publik dikejutkan dengan keputusan dari Skinny Indonesian24 yang pamit dari kanal YouTube mereka.

Kakak-adik, Andovi dan Jovial Da Lopez mengumumkan pensiun dari dunia YouTube setelah hampir 10 tahun berkarya, sebab keduanya kini tidak memiliki antusiasme yang sama seperti dahulu.



Mereka memutuskan tidak akan memposting video setelah tanggal 24 Juni 2021 mendatang.

Keduanya mengatakan, keputusan ini berdasarkan pertimbangan panjang yang tidak mudah.

“Passion yang ada, bagi gue, untuk buat video kaya zaman dulu gak seperti sekarang. Gue merasa 10 tahun adalah waktu yang tepat untuk berhenti dan menyelesaikan karir di YouTube. Ini bukan keputusan udah,” ujar Andovi.

Jovial Da Lopez juga megungkapkan pandangannya mengenai dunia YouTube saat ini yang berbanding terbalik dengan sistem YouTube terdahulu.

Ia juga menyinggung mengenai hilangnya apresiasi terhadap pembuat konten yang telah bekerja keras serta tidak memiliki suara kuat meski karyanya bagus.

“kalau kita lihat sistem YouTube sekarang, penghargaan itu diberikan ke channel atau konten yang isinya bagi gue bukan konten terbaik. Ini opini gue, sebagai creator konten dari dulu konten sekarang yang diberi penghargaan itu tidak layak untuk diberikan apresiasi. Bukan cuma kita, banyak banget konten bagus di luar sana yang ujung-ujungnya mati gak keliatan,” tutur Jovial.

Kakak dari Andovi itu juga kecewa sebab kini YouTube menjadi ladang bisnis untuk sebagian orang, bukan lagi ajang menyampaikan karya terbaik.

“Suara kita bisa didengar karena kita upload ke YouTube. Nah sekarang suara orang-orang kaya kita mati. Karena semua spotlight ke suara orang besar, itu sayang banget. YouTube was cool, now its just a business,” tambahnya.

Skinny Indonesian24 menjadi salah satu kanal pelopor bangkitnya YouTube di Indonesia, mereka kerap mengunggah berbagai konten berbeda dengan ciri khas perlawanan. Keduanya juga memberikan konten berkualitas dengan bumbu hiburan.

Namun, Andovi dan Jovial menyayangkan sistem YouTube yang telah berubah. Mereka memilih untuk tidak mengikuti sistem ‘arus’ yang ada saat ini hingga memutuskan untuk berhenti.

Dalam akhir videonya, mereka mengucapkan banyak terima kasih kepada penonton setia kanal YouTube Skinny Indonesian24. 

Keduanya menjelaskan tutupnya kanal tersebut merupakan bagian dari adaptasi mereka, baik Andovi dan Jovial akan fokus pada proyek-proyek besar kedepannya.

“Kita beradaptasi, dan inilah salah satu cara kita beradaptasi. Bagi kita, mengakhiri ini dalam satu tahun, itu adalah bagian dari adaptasi kita dan cara kita untuk berkembang dan cara kita untuk terus maju dalam kehidupan kita tapi kami masih kreatif. Kita fokus ke proyek-proyek besar,” kata Andovi

Video pamitnya Skinny Indonesian24 masuk dalam jajaran trending video YouTube ke-21.

Video ini telah diputar sebanyak 617.783 kali dan memperoleh 91.000 likes.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write comments